Sabtu, 03 Maret 2012

Peran Penting Manajemen Bagi Organisasi

Manajemen
Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan 
pengawasan, usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber dayasumber daya organisasi lainnya agar rnencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.Manajemen sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena berperan penting dalam menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan  agar tujuan dapat tercapai dengan baik.Seandainya didalam diri kita tidak terdapat manajemen,tentu hidup kita akan jadi tidak terorganisasi.Karena disini fungsi manajemen adalah sebagai perencanaan dan juga pengorganisasian.Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa pada dasarnya manajemen  merupakan kerjasama dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan  dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi  perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating), dan pengawasan (controlling).


1. Fungsi Perencanaan / Planning

Dalam manajemenperencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan tak akan dapat berjalan.
Rencana dapat berupa rencana informal atau rencana formal. Rencana informal adalah rencana yang tidak tertulis dan bukan merupakan tujuan bersama anggota suatu organisasi. Sedangkan rencana formal adalah rencana tertulis yang harus dilaksanakan suatu organisasi dalam jangka waktu tertentu. Rencana formal merupakan rencana bersama anggota korporasi, artinya, setiap anggota harus mengetahui dan menjalankan rencana itu. Rencana formal dibuat untuk mengurangi ambiguitas dan menciptakan kesepahaman tentang apa yang harus dilakukan.

2. Fungsi Pengorganisasian / Organizing
Fungsi perngorganisasian adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumberdaya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan.Fungsi Pengorganisasian dapat didefinisikan sebagai proses menciptakan hubungan-hubungan antara fungsi-fungsi, personalia dan faktor fisik agar kegiatan-kegiatan yang harus dilaksanakan disatukan dan diarahkan pada pencapaian tujuan bersama.Pengorganisasian (organizing) adalah 1. penentuan sumber daya-sumber daya dan kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi, 2. perancangan dan pengembangan suatu organisasi atau kelompok yang akan dapat mambawa hal-hal tersebut kearah tujuan, 3. penugasan tanggung jawab tertentu dan kemudian, 4. pendelegasian wewenang yang diperlukan kepada individu-individu untuk melaksanakan tugas-tugasnya.


3. Fungsi Pengarahan / Directing / Leading

Fungsi pengarahan adalah suatu fungsi kepemimpinan manajer untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat, dinamis, dan lain sebagainya.Pengarahan merupakan fungsi manajemen yang menstimulir tindakan-tindakan agar betul-betul dilaksanakan. Oleh karena tindakan-tindakan itu dilakukan oleh orang, maka pengarahan meliputi pemberian perintah-perintah dan motivasi pada personalia yang melaksanakan perintah-perintah tersebut.Pengarahan (leading)adalah untuk membuat atau mendapatkan para karyawan untuk melakukan apa yang diinginkan, dan harus mereka lakukan. Dikenal sebagai leading, directing,motivating atau actuating.
4. Fungsi Pengendalian / Controling
Fungsi pengendalian adalah suatu aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat untuk kemudian dibuat perubahan atau perbaikan jika diperlukan.


Setiap pandangan mungkin berguna untuk berbagai masalah yang berbeda-beda. 

Ada tiga aliran pemikiran manajemen yaitu aliran klasik,aliran hubungan manusiawi,dan aliran manajemen modem.


Tingkatan manajemen dalam organisasi dibagi menjadi tiga golongan yang berbeda : 
1. Manajer lini pertama 
Tingkat paling rendah dalam suatu organisasi yang memimpin dan menagwasi 
tenaga-tenaga operasional disebut manajemen lini (garis) pertama. 
2. Manajer menengah 
Manajemen menengah dapat meliputi bebrapa tingkatan dalam suatu organisasi. 
Para manajer menengah membawahi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan para 
manajer lainnya dan kadang-kadang juga karyawan operasional. 
3. Manajer puncak 
Klasifikasi manajer training pada suatu organisasi. Manajemen puncak 
bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen organisasi. 



Terkait tentang Fungsi Manajemen di Dalam Organisasi :

  • Analisis Sistem dan Konsepsi Sistem

Ilmu sistem dalam perkembangannya dipengaruhi oleh Kibernetika, sebagai penggambaran umpan balik dalam mengatur gerakan mekanis, atau sebagai pengendali dan komunikasi. ...
  • Konsep Manajemen Sumberdaya Informasi

Manajemen sumberdaya informasi (Information resources management – IRM) adalah aktivitas yang dijalankan manajer pada semua tingkatan dalam perusahaan dengan tujuan ..
Perencanaan jangka panjang juga dikenal sebagai perencanaan strategis karena mengidentifikasi tujuan-tujuan yang akan memberikan perusahaan yang paling menguntungkan dalam lingkungannya, ...
  • Sistem informasi di dalam organisasi
Sistem informasi akuntansi (SIA) adalah merupakan suatu aplikasi yang dapat membantu pengolahan data dengan volume yang tinggi, meliputi empat tugas ...
  • Konsep data dan informasi

Data adalah fakta dan angka yang tidak sedang digunakan pada proses keputusan, dan biasanya berbentuk catatan historis yang dicatat dan.
Manajemen Dalam Organisasi
Manajemen sangat penting dalam organisasi.Karna diharuskan setiap kelompoknya saling bekerja sama sehingga dapat mengambil keputusan yang baik.Menajemen yang tidak bisa menjalankan peran sesuai tuntutan perusahaan dapat membawa kegagalan.

Organisasi Formal Organisasi formal itu kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan hubungan kerja yang rasional. Sebuah organisasi formal memiliki strukstur yang terbentuk dengan baik.Contoh organisasi formal itu seperti perusahaan,badan pemerintah,sekolah,dan Negara.
Organisasi Informal : Sekelompok orang yang terlibat pada suatu aktifitas namun tujuan bersamanya tidak disadari.Keanggotaan pada organisasi informal dapat dicapai baik secara sadar,maupun tidak sadar.Contoh organisasi informal itu seperti arisan keluarga,orang-orang di kendaraan umum, sekumpulan penonton yang sedang menyaksikan pertandingan sea games volly.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar